Posted on / Uncategorized

Jepang adalah salah satu destinasi favorit di Asia Timur. Namun, selain karena sushi-nya yang enak dan gunung fuji yang terkenal akan keeksotisannya, ternyata di Jepang pun terdapat universitas terbaik, salah satunya adalah The University of Tokyo atau Universitas Tokyo atau Utokyo.

Universitas Tokyo adalah universitas negeri yang berlokasi tepat di Bunkyō, Tokyo, Jepang. Universitas Tokyp di dirikan pada tahun 1684. Universitas Tokyo ini memiliki 10 fakultas dengan total hampir sekitar 30.000 mahasiswa. Universitas ini berada dalam posisi puncak untuk universitas terbaik di Asia pada tahun 2015 dan posisi 21 untuk tingkat peringkat dunia. Universitas Tokyo mempunyai lima kampus di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane dan Nakano. Unibersitas Tokyo ini dikenal akan fakultas hukum dan sastranya.

Pesaing – pesaing Universitas Tokyo adalah Universitas Kyoto sebagai universitas negeri, Universitas Waseda, Universitas Keio dan Universitas Meiji sebagai universitas swasta.  Universitas Tokyo didirikan oleh pemerintah Era Meiji pada 1877 dengan menggunakan namanya seperti sekarang setelah penggabungan perguruan-perguruan tinggi negeri dalam bidang kedokteran dan pembelajaran Barat.Universitas Tokyo kemudian dinamakan ulang menjadi Universitas Kekaisaran (帝國大學 Teikoku Daigaku) pada 1886 dan kemudian “Universitas Kekaisaran Tokyo” (東京帝國大學 Tōkyō Teikoku Daigaku) pada 1887.

Pada musim gugur tahun 2012, untuk pertama kalinya Universitas Tokyo memulai dua program sarjana yang seluruhnya diajarkan dalam bahasa Inggris dan mengarah untuk siswa internasional. Beberapa fakultas yang dimiliki oleh Universitas Tokyo antara lain adalah fakultas hukum, fakultas farmasi, fakultas teknik, fakultas pertanian, fakultas ekonomi, fakultas pendidikan, fakultas ilmu matematika, fakultas sains dan fakultas teknologi informasi, fakultas kebijakan publik, fakultas seni dan fakultas ilmu pengetahuan. Di Universitas Tokyo pun memiliki beberapa lembaga penelitian yang antara lain Institute of Medical Science, Institute of Oriental Culture, Institute for Social Science, Institute of Industrial Science, Institute of Molecular and Cellular Biosciences, dan Institute of Solid State Physics.

Pada faktanya, Universitas Tokyo adalah universitas nasional tertua di Jepang. Universitas Tokyo merupakan salah satu pusat penelitian yang paling penting, tak hanya di Asia, tetapi juga di kancah internasional. Universitas Tokyo menerima mahasiswa dari berbagai negara. Jumlah mahasiswa asing terbanyak berasal dari Cina, Korea, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan juga Indonesia. Hal yang menarik dari studi di University of Tokyo adalah pada 2 tahun pertama untuk jenjang sarjana mahasiswa akan difokuskan untuk menguasai kemampuan-kemampuan dasar yang sangat penting untuk menempuh studi yang lebih jauh lagi nantinya. Periode ini disebut sebagai Junior Division yang kemudian akan diikuti oleh Senior Division yang merupakan 2 tahun terakhir jenjang studi sarjana dimana mahasiswa akan lebih mengarah ke spesialisasi yang diinginkan masing-masing.

Dilansir dari laman Wikipedia, berikut adalah daftar nama penting  para alumni Utokyo, diantaranya:

Wilson Tan                                                     Penemu tiang listrik Jepang

Toshihiko Fukui                                            Gubernur Bank of Japan

Kobo Abe                                                        Penulis

Ryūnosuke Akutagawa                                  Penulis

Leo Esaki, ilmuwan                                       Peraih Hadiah Nobel

Yasunari Kawabata                                       Penulis, Peraih Hadiah Nobel

Koshiba Masatoshi`                                        Fisikawan, Peraih Hadiah Nobel

Stanford Ouzora                                             Penemu OGc dan GGB

Yukio Mishima                                               Penulis

Kenzaburō Ōe                                                Penulis, Peraih Hadiah Nobel

Eiji Toyoda                                                     Industrialis

Manshi Kiyozawa                                           Pemikir Buddhisme

Watsuji Tetsur                                    Filsuf

Iha Fuyu                                                        Sejarawan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu yang berencana melanjutkan studi ke sana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *